Minggu, 15 Juni 2014

Gue-Lo? atau Aku-Kamu?



Jadi gini gue ini anak Bekasi,ya. Separo hidup gue tinggal di Bekasi dan seperapatnya lagi waktu gue masih kecil dan masih cengo-cengonya, gue sama orangtua tinggal di Jakarta. Di lingkungan Jakarta yang katanya lebih keras daripada capit kepiting itu, gue pasti belom ngerti apa-apa, sekarang aja gue nggak inget bentuk rumah gue dulu gimana. Yang pasti gue tumbuh besar di Bekasi, Jawa Barat.

Inget Jawa Barat, Bekasi itu walaupun perbatasan sama Jakarta banget, yang kalo kita maju dua langkah udah masuk ke Jakarta Timur, tapi tetep aja beda. Beda tapi plat kendaraannya sama, hihi.

Sewaktu SMA gue harus menempuh jarak setengah jam pake motor dan satu jam kalo pake angkot, naik dua kali, belom abangnya ngetem, berkicau dulu sama abang yang lain, betulin mesin, bla bla bla.. la la la, macetnya kalo sore-sore kan amit-amit, tuh. Tiap hari berasa keluar kota, hahaha

Perbatasan-perbatasan..


Selayaknya orang Bekasi, gue ngebahasain diri dan orang lain pake gue-lu, itu wajar, lumrah, kayak pas lagi makan nasi sama lele goreng harus pake tangan gitu. Sama wajarnya kok dengan orang Jogya yang pake aku-kamu atau enggak aku-sampeyan. Dan entah kenapa temen gue dari Jawa Tengah malah merasa aneh kalo gue ngebahasain di twitter atau facebook dengan gue-lu.

Yah, tentunya gue pasti harus beradaptasi dengan bahasaan yang lebih sopan di Jogja, tapi walaupun di Bekasi, gue ngebahasainnya enggak mungkin gue-lu sama orang yang lebh tua juga kan, pasti aku kamu. Gue cukup fleksibel kok, kalo gue di gue-elu in ya gue balikin, kalo diajak pake aku-kamu ya aku-kamuin, bah. Kenapa idup dibikin ribet, hiduplah seperti bon cabe, dalam keadaan apapun mereka tetap simple dan berharga 3000. Oke cukup. Lama-lama gue jadi bisa pasang iklan boncabe sendiri di blog yang ini.

Waktu mereka bilang "Weh, Cindy mah anak gahol Jakarta, ngomongnya pake gue-lu.."

Seperti yang tadi gue bilang di atas, itu sama aja otomatisnya kayak lu batuk pas lagi keselek.

Dan lagi, gue-lu itu bukan bahasa gaul, tapi bahasa daerah yang harus dilestarikan. Gue juga bingung Bekasi bahasa daerahnya apaan, mau dibilang Sunda (karena masuk wilayah Jawa Barat), yang ngomong Sunda cuma orang Sunda asli, mau ngomong Betawi juga bukan dari Jakarta. Yang ada malah ngomong pake bahasa Jawa soalnya kebanyakan dari orang-orang migrasi-an kayak keluarga gue.

Entahlah dengan perkara elu-gue ini. Bah.

Salam Aku-Kamu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar